RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Islam Al Husna Bumiayu
Kelas/ Semester : 1 /1
Tema : 2. Kegemaranku
Subtema : 2. Gemar Menyanyi dan Menari
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam
berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat,
membaca
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Bahasa Indonesia
3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang,
atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair
lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator:
3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang
atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan
tepat.
4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
PJOK
3.2 Memahami prosedur gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar
non- lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
3.2.3 Menjelaskan prosedur gerakan
meliukkan badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.2.3
Mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan tanpa berpindah tempat sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
C. Materi Pembelajaran
1. Teks tentang gemar menari dan menari
2. Gambar menari
3. Gerakan meliukkan badan
4. Teks puisi Sahabat
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Kegiatan 1
1.
Guru
memberi salam
2.
Siswa
berdoa dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk.
3.
Guru
menyapa siswa kemudian mendata kehadiran siswa dengan rasa peduli.
4.
Guru
menyampaikan tema serta menjelaskan
tujuan pembelajaran.
5.
Siswa
mendengarkan motivasi dari Guru dengan cermat, yaitu agar siswa semangat
dalam mengikuti pembelajaran karena pentingnya kegiatan yang akan
dilaksanakan.
6.
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang topik yang akan dibahas, yaitu gemar
menyanyi dan menari.
7.
Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya
dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
|
15 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar